Hukum dan Pranata Pembangunan

Pranata adalah interaksi antar individu/kelompok/kumpulan, pengertian individu dalam suatu kelompok dan pengertian individu dalam satu perkumpulan memiliki makna yang berbeda. F. Durkheim seorang sosiolog membagi menjadi dua pengertian antara individu dalam kelompok dan individu dalam perkumpulan. Hubungan yang terjadi dalam satu kelompok didasarkan perorangan, sedangkan dalam kumpulan kelompok adalah berazas guna/anonim sangat tergantung dengan tujuan akhir yang sering dinyatakan dalam kontrak.

Kontrak adalah sebagai parameter hubungan yang terjadi dalam proses kegiatan pembangunan. Hubungan antara pemilik dengan perancang, hubungan antara pemilik dengan pelaksana. Kontrak menunjukkan hubungan yang bersifat independen dan terarah atas tanggung jawab dari tugas dan fungsinya.

Pembangunan adalah perubahan individu/kelompok dalam kerangka mewujudkan peningkatan kesejahteraan hidup. Artinya adalah bahwa pranata pembangunan dalam bidang arsitektur merupakan interaksi/hubungan antar individu/kelompok dalam kumpulan dalam kerangka mewujudkan lingkungan binaan. Interaksi ini didasarkan hubungan kontrak, dan bukan hubungan sosial. Analog dari pemahaman tersebut dalam kegiatan yang lebih detil adalah interaksi antar pemilik/perancang/pelaksana dalam rangka mewujudkan ruang/bangunan untuk memenuhi kebutuhan bermukim. Dalam kegiantannya didasarkan hubungan kontrak, dan untuk mengukur hasilnya dapat diukur melalui kriteria barang publik (hokum pareto).

Dari beberapa penjelasan diatas bahwa pranata pembangunan di bidang arsitektur dapat dipahami merupakan suatu sistem. Pihak-pihak terlibat adalah pemilik, perancang, pengawas, dan pelaksana. Tipe dan karakternya termasuk dalam kategori sistem sederhana yang jamak (simple-pluralist). Sistem SP ini harus memiliki umpan balik atas dasar aturan dan atau kesepakatan yang berlak, dan output yang dihasilkan dapat diukur melalui kriteria barang publik (bila gedung/bangunan tersebut milik negara). Keterkaitan antar pihak-pihak yangterkait merupakan hubungan kontraktual yang diatur dalam suatu bentuk perjanjian

Contoh kontrak pelaku pembangunan beserta tugas dan kewajiban

This slideshow requires JavaScript.

 

Daftar Pustaka:

Buku Ajar Pranata Pembangunan Bidang Arsitektur, Puslak UNDIP

http://www.wiwahawahyuwijaya79fortuna.com/index.php?page=kesepakatan_pt_wiwaha_wahyu_wijaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s