Analisa Rumah, Arsitektur Lingkungan

1. Data Penghuni

  • Penghuni pada rumah ini berjumlah lima orang, yaitu ibu, bapak dan 3 orang anak yang sudah berumur diatas 17 tahun.

2. Aktivitas

  • Aktivitas yang terjadi di rumah ini seperti aktivitas pada umumnya yaitu untuk istirahat, memasak, belajar, menerima tamu dan aktivitas MCK.

3. Lokasi

  • Berada pada daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Daerah ini masih banyak kebun-kebun yang dapat dijadikan ruang terbuka hijau untuk sementara.

site rumah

denah rumah

4. Orientasi

  • Rumah ini berorientasi menghadap selatan, tetapiĀ  bagian samping rumah menghadap ke arah selatan. Hal ini menjadikan suhu ruang menjadi sedikit panas, namun hal ini sudah teratasi oleh tanaman-tanaman yang berada di kebun sebelah barat rumah.

CIMG2753

5. Sirkulasi

  • Pola sirkulasi yang digunakan pada rumah ini berpola linier yang poros utamanya dimulai dari pintu masuk utama hingga dapur.

denah rumah 2

6. Pencahayaan

  • Pencahayaan pada rumah ini sudah cukup baik karena cahaya datang dari arah selatan rumah dan sebagian besar datang dari pemanfaatan cahaya sinar matahari dari barat.

CIMG2738

CIMG2737

7. Pengudaraan

  • Pengudaraan dirumah ini menggunakan sirkulasi silang dan vertikal. Sirkulasi vertikal dibuat pada plafond/langit-langit dibagian dapur dan ruang cuci untuk mengurangi kelembaban. Selain itu udara yang masuk juga tersaring dari tanaman-tanaman disekitar rumah yang terkadang memecah angin kencang.

CIMG2744

CIMG2745

8. Pintu dan Jendela

  • Letak jendela sebagian besar berada pada bagian barat rumah. Ini memungkinkan rumah untuk mendapatkan cahaya lebih dari matahari dari siang hingga sore
  • Pintu utama berada pada bagia selatan. View pintu utama seperti tersembunyi jika dilihat dari arah jalan utama (barat).

CIMG2752

CIMG2740

9. Kesimpulan

  • Rumah ini sudah memenuhi standar untuk kenyamanan pengudaraan dan suhu ruang, tetapi rumah ini terlalu banyak jendela yang mengakibatkan chaya matari langsung dapat masuk. Solusinya adlah membuat kerai atau kisi-kisi pada bagian barat rumah.

Sumber: Analisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s