ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN

PENGERTIAN ARSITEKTUR
Arsitektur adalah ilmu dan seni perancangan dan perencanaan lingkungan binaan. Arsitektur melingkup arsitektur makro (perencanaan dan perancangan kota, kawasan, lanskap, dll), dan arsitektur mikro (peracangan bangunan, interior, perabot, dll).
 
PENGERTIAN LINGKUGAN
Lngkungan adalah seluruh alam yang mencakup semua yang terdapat didalamnya seperti sumber daya alam, flora dan fauna, yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
 
ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN
Arsitektur berwawasan lingkungan merupakan pembangunan berwawasan lingkungan yang memanfaatkan segala potensi yang ada di sekitar lingkungan tersebut, namun masih dalam batasan yang juga memerhatikan lingkungan sekitar agar tidak rusak dan tetap terjaga keseimbangannya.
 
Arsitektur berwawasan lingkungan didasari karena mulainy rusak ekosistem yang ada di bumi sebagai akibat berbagai pambangunan yang tidak memerhatikan lingkungan alam dan sekitarnya. Sebagai akibat inilah muncul global warming, banjir, dan masih banyak lagi.
 
TUJUAN
Hal ini menyadarkan para arsitek untuk mulai memikirkan perancangan dan perencanaan yang ramah lingkungan, hemat sumber daya dan energi, dan memiliki keseimbangan dan keterikatan dengan lingkungan sekitarnya.
Selain itu arsitek juga dapat memperkenalkan kepada masyarakat dan memberikan informasi dan cara dalam membangun dengan berwawasan lingkungan.
 
CARA MEMBANGUN HEMAT ENERGI DAN RAMAH LINGKUNGAN
  • Orientasi bangunan yang harus diperhatikan, arah wajah bangunan yang mengarah ke Timur-Barat, Selatan-Utara, agar mendapatkan cahaya matahari yang tepat serta sirkulasi yang baik.
  • Menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan.
  • Meminimalkan penggunaan sumber daya tak terbaharui, dan beralih ke penggunaan sumber daya terbaharaui.
  • Dengan menggunakan pengolahan limbah-limbah dan dapat dimanfaatkan. Menggunakan sistem daur ulang.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s